Future Food Research & Development Specialist

Intensif course Future Food R&D di AGAVI dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan praktis di bidang penelitian dan pengembangan makanan masa depan. Para peserta Future Food R&D memulai perjalanan mereka dengan Orientasi Ruang Lingkup R&D, di mana mereka diperkenalkan dengan dunia penelitian dan pengembangan makanan. Mereka belajar tentang pentingnya inovasi dan kreativitas dalam menciptakan produk makanan yang berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan konsumen masa depan. Peserta terlibat dalam Idea Generation and Idea Screening untuk Pengembangan Produk Baru. Dalam Project Management, peserta diajarkan tentang pengembangan konsep dan pengujian, mempelajari cara mengelola proyek dari awal hingga akhir dengan efisien.

Diupdate 23 Juni 2024

Ringkasan

Pada program ini peserta akan mendapatkan:

  • Booklet materi, satu kali menonton video materi menggunakan slide presentasi, kemudian akan diberikan jatah mentoring, pertemuan dilaksanakan dengan cara Flipped Learning Metodh (1 Minggu menjadi 2 pertemuan, asynchronous dan synchronous).
  • Peserta dapat belajar secara mandiri lebih awal tanpa adanya bimbingan dari fasilitator. Akses materi didapatkan setelah melaksanakan pre-test. Setelah melakukan pembelajaran secara mandiri, ketika menemukan kendala, pertanyaan dan hal lainnya yang memerlukan bimbingan dari fasilitator maka akan dibahas pada pendampingan dengan metode synchronous.
  • Pendampingan synchronous yang dimaksud adalah pendampingan yang dilaksanakan dengan adanya keterlibatan langsung dengan fasilitator dengan tatap muka atau dapat berupa forum discussion. Diadakan setidaknya satu sesi dalam tiap chapter.

  1. Ruang Lingkup R&D
  2. Idea Generation and Idea Screening (New Product Development)
  3. Project Management (Concept Development & Testing)
  4. BMC (Marketing Strategy Development/ Business Analysis)
  5. VPC + Product Life Cycle
  6. Product Development (Prototyping)
  7. Evaluasi Sensori 1
  8. Evaluasi balik dari produk (user persona)
  9. Analisis kesesuaian antara konsep produk dan penerimaan konsumen (validation)
  10. Menentukan Harga Pokok Produksi Produk
  11. Feasibility study (Kelayakan)
  12. House of Quality (pengembangan produk)
  13. Evaluasi Sensori 2 (Market Testing)
  14. Costumer journey 
  15. Launch Canvas (Commercialization)
  16. Report project