Awareness Ahli K3 Umum

Training Awareness Alhi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Umum adalah program yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi karyawan dan profesional supaya dapat menerapkan ilmu K3 di tempat kerja. Training Awareness K3 Umum memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kesadaran karyawan mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja dan Mendorong penerapan praktik kerja yang aman dan sehat. Kursus ini menyediakan materi dasar mengenai K3 umum dimana materi ini penting untuk mempersiapkan peserta menjadi tenaga ahli yang mampu mengembangkan dan mengimplementasikan program K3 di tempat kerja. Metode pembelajaran pada training awareness ini berbentuk asynchronous dimana peserta diberikan modul pembelajaran dan menyaksikan video pembelajaran yang relevan dengan proyek dengan bimbingan mentor profesional. Kurikulum pembelajaran harus termasuk perkembangan soft skill yang terkait dengan bidang ilmu yang diajarkan. Pada program ini, peserta akan diberikan sertifikat yaitu sertifikat keikutsertaan program dari perusahaan.

Diupdate 13 November 2024

Ringkasan

Training Awareness Ahli K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) memberikan pengetahuan mendalam tentang prinsip-prinsip dasar K3, termasuk identifikasi bahaya, analisis risiko, dan pengendalian bahaya di tempat kerja. Peserta akan mempelajari peraturan perundangan K3, teknik pengelolaan alat pelindung diri (APD), serta sistem tanggap darurat dan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja (P3K). Pelatihan ini juga mencakup manajemen keselamatan, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program K3. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menerapkan praktik kerja yang aman dan sehat, mengurangi risiko kecelakaan, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif

Adapun kurikulum Training Awareness Ahli K3 Umum mencakup materi dasar K3 yang dapat diterapkan langsung ditempat kerja adalah sebagai berikut:

  1. Dasar-dasar K3 Faktor bahaya di tempat kerja
  2. Mengelola Alat Pelindung Diri (APD) di tempat kerja
  3. Menerapkan proses manajemen risiko
  4. Mengelola Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Kerja (P3K)
  5. Mengelola Izin Kerja di Tempat kerja
  6. Merancang Sistem Tanggap darurat